Categories
Pendidikan

Konsep Dasar dan Pertumbuhan Manajemen Keuangan

Konsep Dasar dan Pertumbuhan Manajemen Keuangan

Konsep Dasar dan Pertumbuhan Manajemen Keuangan

Teori Manajemen Keuangan

Seperti halnya dengan buku-buku manajemen keuangan umum, buku ini memberikan kerangka teori dasar di bidang studi manajemen keuangan. Perbedaan antara buku ini dan buku manajemen umum adalah bahwa buku ini tidak hanya menyediakan teknik analisis, tetapi juga menyediakan konsep untuk menentukan kebijakan yang konsisten dengan tujuan yang harus dicapai perusahaan.

Dalam konteks ini, manajemen keuangan menyediakan kerangka kerja dasar untuk berpikir untuk menyelesaikan masalah yang mempengaruhi sektor keuangan dalam arti luas. Teori ini adalah konsep pemikiran yang sangat mendasar, sehingga manajemen keuangan harus mematuhi prinsip-prinsip dunia nyata dan / atau terjadi di bidang praktik nyata di dunia ini.

 

Perbedaan antara Konsep Teori dan Praktik Pelaksanaannya

Dalam beberapa kasus, mungkin ada perbedaan mendasar antara konsep teori dan praktik pelaksanaannya di bidang ini. Namun, teori yang diperoleh di bidang keuangan akan membantu semua orang untuk menerapkan konsep teori manajemen keuangan, dan manajemen keuangan harus mampu meningkatkan kemampuan manajemen keuangan untuk lebih memahami asumsi dasar. logika dan situasi khusus dalam praktiknya. Mampu menyelesaikan masalah keuangan menggunakan teori manajemen keuangan saat ini.

Pembahasan pertama dalam buku ini akan dimulai dengan menghadirkan perkembangan ilmu manajemen keuangan. Tujuannya adalah untuk mengetahui kontribusi pemikiran terhadap manajemen keuangan secara kronologis. Setelah itu, Anda dapat terus mendiskusikan ruang lingkup pengambilan keputusan dalam manajemen keuangan, yang utamanya adalah manajemen investasi dan pembiayaan. Kebutuhan akan analisis dan dasar yang koheren untuk pengambilan keputusan didasarkan pada kepentingan-kepentingan ini.

 

Pertumbuhan Ilmu Manajemen Meuangan

Dalam tiga puluh tahun terakhir, ilmu manajemen keuangan telah berkembang pesat. Perkembangan ini dikenal pada tahun 1951 ketika manajemen keuangan bisnis berada di area operasional seperti modal kerja, sumber pembiayaan, anggaran untuk konsep teori biaya modal, kebijakan struktur modal, kebijakan investasi dan penilaian Bisnis. Konsep teori ini terus berkembang dan fokus pada literatur pada 1960-an. Kemudian, pada 1970-an, Markowitz, Sharpe, dan Lintmen membuat asimilasi berdasarkan penilaian risiko dan konsep portofolio. Konsep yang dimaksud adalah Capital Asset Pressure Model (CAPM) yang berkembang pesat, Garis Pasar Modal (CML), Garis Pasar Saham (SML). Pertumbuhan ilmu manajemen keuangan berlanjut dengan munculnya inovasi baru, seperti penyewaan keuangan melalui konglomerat, merger dan akuisisi, dan pertumbuhan perusahaan dari luar perusahaan. Ilmu manajemen keuangan secara umum muncul dari studi deskriptif tentang pendekatan manajemen operasional perusahaan ke perusahaan teoretis dalam lingkungan yang dinamis dan tidak pasti.

 

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :